kotabontang.net - Perlunya UMKM Gunakan Teknik SEO Lokal.Tidak semua teknik SEO (Search Engine Optimization) harus diarahkan untuk semua pengguna Internet di dunia. Ada jenis-jenis bisnis yang kampanye SEO-nya akan lebih efektif bila dipersempit menjadi lingkup lokal saja. Usaha-usaha jasa mikro di area yang terbatas jangkauannya seperti tukang pipa, penjahit, pelatih kesehatan adalah sebagian di antara usaha yang masih membutuhkan situs atau blog di dunia maya tetapi tidak perlu diperluas hingga skala dunia.
Bila Anda hanya memproduksi produk atau jasa yang cuma diperuntukkan bagi pasar lokal, akan jauh lebih tepat sasaran bila teknik SEO yang dipakai juga berbeda agar hasilnya lebih maksimal.
Berikut adalah 5 teknik marketing secara daring yang bisa membuat bisnis Anda lebih maju dibandingkan yang lain.
SEO Lokal
Mayoritas konsumen akan segera menggunakan Google saat mencari produk dan jasa lokal. Sehingga, usaha Anda perlu sekali tertampil di halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu. Jika Anda masih belum banyak mengetahui dunia SEO, pelajarilah dasar-dasarnya.
Sebagai pebisnis lokal, Anda tidak bisa mengabaikan potensi SEO lokal. Saat pengguna online mencari dengan menggunakan kata kunci di Google yang memasukkan lokasi sebagai faktor penentunya (misalnya penata rambut di Jakarta), Google akan menampilkan daftar usaha lokal di halaman hasil pencariannya dan Google Maps bersamaan dengan daftar bisnis yang ditemukan secara organik dan yang sudah memasang iklan berbayar di Adwords.
Misalnya, jika Anda memiliki toko penjahit busana pria di Jakarta, Anda lebih baik memasang iklan di bagian lokal dan daftar organik saat pengguna mencari "penjahit di Jakarta". Google menggunakan alamat bisnis Anda saat Anda mendaftarkan diri ke Google Local bersamaan dengan direktori bisnis online untuk memberikan daftar perusahaan dengan tawaran yang relevan secara geografis.
Bisnis Anda akan dimasukkan dalam pencarian Google Maps di sudut kanan halaman sehingga pengguna Internet bisa menemukan lokasi bisnis Anda. Ingatlah bahwa ini bukan alternatif dari teknik SEO organik. Anda masih tetap harus tertampil di keduanya agar peluang makin tinggi untuk dikunjungi calon konsumen.
Listing lokal memakan banyak bagian dari halaman pencarian, karena tertampil di atas banyak hasil pencarian sehingga penting untuk bisa tertampil di sana.
Konten yang Berkualitas di Tempat yang Tepat
"Sekitar 40% populasi dunia memiliki koneksi Internet" dan "sepertiga miliar dari warga dunia akan terjangkau koneksi Internet hingga akhir tahun 2014,"menurut Internet Live Stats. Sehingga bisa dikatakan bahwa mayoritas konsumen Anda menggunakan Internet. Mereka mungkin tidak menggunakannya untuk membaca produk atau jasa Anda secara spesifik, tetapi mereka menggunakannya untuk mengkonsumsi informasi.
Cara yang efektif untuk membangun brand awareness dan meningkatkan traffic (kunjungan) ke situs bisnis Anda ialah dengan membuat konten berkualitas dan mempublikasikannya sesuai dengan audiens yang Anda bidik. Katakanlah Anda memiliki bisnis makanan ringan di Bekasi. Sasaran konsumen Anda mungkin tidak tertarik membaca mengenai makanan ringan. Anda membidik kaum menengah ke bawah.
Kemudian, Anda mempublikasikan konten di situs perusahaan Anda dan memberikan temuanitu pada jurnalis daring. Mereka menerimanya dan Anda akan meningkatkan brandawareness dengan pasar yang Anda bisik, menerima traffic dari referral dari pengunjung yang mengklik di situs Anda dan menambah keunggulan SEO pada situs bisnis Anda (misalnya, inbound links). Belum lagi konten yang dibagikan ke jejaring sosial dan menjadi viral.
Doronglah pengunjung datang lebih sering
Kecuali konsumen yang Anda bidik memerlukan layanan Anda, akan lebih tinggi kemungkinannya bahwa ia akan menghabiskan waktu yang ia miliki untuk meneliti pembelian produk atau layanan. Mereka akan mengunjungi sejumlah pesaing dan situs-situs industri terkait.
Jika situs perusahaan Anda hanya sebuah brosur penjualan digital, Anda hanya mendorong mereka berkunjung sekali. Mereka menginginkan layanan, portofolio, harga dan kemudian pergi. Alih-alih demikian, Anda menghendaki mereka untuk memiliki alasan untuk terus datang dan saat Anda sudah siap untuk memberikan pertanyaan, mereka akan menghubungi Anda. Jika Anda mempublikasikan konten bermanfaat secara rutin (misal, artikel blog, video, kiat-kiat, dan sebagainya), mereka akan menemukannya di mesin pencarian (jika Anda memiliki dan menerapkan teknik SEO yang sudah efektif) selama waktu itu dan mengembangkan hubungan dengan brand Anda sebelum pembelian.
Sebuah situs memang berperan penting bagi bisnis modern, tetapi situs yang statis dan tidak banyak dikunjungi tidak banyak berguna bagi perusahaan Anda. Memanfaatkan mayoritas peluang online yang ada untuk bisnis Anda, menginvestasikan waktu dan uang ke dalam strategi Anda dan memanfaatkan peluang inbound marketing di Internet. (Liam Curley/Akhlis/ciputraentrepreneurship)